Simak Saja Cara Klaim Asuransi Kesehatan yang Tepat

Sekarang ini ada banyak institusi asuransi yang sengaja memberikan penawaran kepada anda dengan adanya fasilitas asuransi kesehatan. Asuransi tersebut pastinya mencakup tentang biaya perawatan, biaya rumah sakit, operasi, biaya pembedahan dan lainnya. Namun sayangnya masih banyak orang yang berkeluh kesah karena sulitnya melakukan validasi klaim dari pihak asuransi. Terlebih jika dana yang harus dikeluarkan jumlahnya cukup besar. Jadi anda harus mengerti bagaimana cara klaim asuransi kesehatan yang benar.

Supaya anda mampu menghindari segala macam persoalan, alangkah baiknya anda ikuti semua prosedur tentang cara klaim asuransi kesehatan untuk dua tipe yakni rawat jalan maupun rawat inap. Lebih jelasnya lagi sebaiknya anda ikuti langkah berikut ini:

Cara klaim asuransi kesehatan untuk rawat inap yakni:
1.Memenuhi semua persyaratan untuk proses klaim
Syarat utama yang perlu anda lakukan untuk mengajukan klaim pastinya terkait dengan masa aktif premi. Anda memang tak mampu melakukan sebuah proses klaim jika premi yang anda miliki dalam keadaan tidak aktif. Cara Klaim Asuransi seharusnya anda pastikan sudah melunasi semua cicilan preminya. Jangan sampai lupa juga memperhatikan masa tenggangnya.

2. Hubungilah pihak asuransi
Sebelum akhirnya anda rawat inap pastinya anda perlu menghubungi agen dari asuransi tersebut. Dari situ anda pun bisa memperoleh informasi yang sedang anda butuhkan.

3. Menyertakan semua dokumen pendukung
Cara klaim asuransi ternyata juga harus menyertakan berbagai macam dokumen pendukung yang di rasa penting. Semisal saja menyertakan identitas diri, nomor telepon, nomor polis, tanggal lahir dan lainnya.

4. Memilih rumah sakit
Biasanya setelah pihak dari asuransinya menerima semua data yang mereka butuhkan. Selanjutnya mereka akan memberikan pilihan rumah sakit yang menjadi rekanan, meskipun anda bisa memilih sendiri dimana rumah sakit yang sedang anda inginkan asalkan masih termasuk dalam daftar rumah sakit rekanan.

5. Proses penyelesaian
Ketika anda sudah sampai di rumah sakit selanjutnya anda hanya perlu tunjukkan katrtu asuransinya baru dilanjut dengan menyerahkan semua urusan administrasinya pada pihak rumah sakitnya. Semua perawatan biasanya akan ditanggung pihak asuransi asalkan biayanya masih dalam batasan maksimal yang tercantum ke dalam polis asuransi.

Cara klaim asuransi kesehatan untuk rawat Jalan
Tentunya cara klaim asuransi kesehatan untuk anda yang rawat jalan berbeda dengan yang rawat inap. Adapun untuk langkah caranya yakni sebagai berikut:

1. Melakukan pengisian formulir sekaligus melibatkan informasi yang akurat
2. Melengkapi semua dokumen yang menjadi persyaratan klaim
3. Pengajuan klaim dilakukan secepat mungkin sebab biasanya setiap perusahaan mempunyai masa kadaluarsa dalam penerimaan kliem.

Itulah tadi prosedur cara klaim asuransi kesehatan baik untuk anda menjalani rawat inap atau bahkan anda yang menginginkan rawat jalan. Semuanya mempunyai persyaratan tertentu yang memang harus anda patuhi agar klaim yang anda ajukan bisa diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *