Kenali Beragam Istilah Busana Muslim

Indonesia merupakan salah satu negara mayoritas muslim di dunia. Hal tersebut tak ubahnya menciptakan beragam khazanah unik dan menarik. Saat ini perkembangan dunia fashion memang terbiang sangat pesat. Tak terkecuali fashion item busana muslim. Para desainer ternama maupun supplier busana muslim menyajikan beragam jenis dan model serta desain-desain unik nan menarik agar menarik para peminat busana yang satu ini.

Namun sebelum Anda membeli baju muslim, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui beragam istilah busana muslim ayang cukup familiar di Indonesia. Dengan demikian, Anda akan mengetahui busana mana yang cocok untuk Anda kenakan di berbagai acara. Berikut istilah-istilahnya:

  1. Gamis
    Gamis merupakan jenis busana muslim yang memiliki ukuran atau menampilan yang tidak terlalu lebar serta cenderung ditampilkan dengan model yang lurus mengikuti postur tubuh penggunanya. Gamis ini mengalami perkembangan yang sangat pesan dan memberikan tren yang berbeda-beda setiap tahun atau setiap musimnya. Sehingga tak heran jika gamis dapat dipadupadankan dengan aksesoris tambahan seperti ikat pinggang ataupun outer seperti blazer dan rompi. Gamis dapat memberikan kesan imut serta anggun bagi para wanita yang mengenakannya.
  2. Tunik
    Tunik merupakan salah satu jenis busana muslim yang saat ini banyak dianderungi oleh masyarakat Indonesia. Istilah tunik merupakan serapan dari kata tunic yang berasal dari bahasa Inggris. Tunik ini merupakan pakaian longgar yang menutupi bagian tubuh dari dada sampai lutut. Baju yang satu ini bisa ditampilkan dengan lengan ataupun tidak, biasanya memiliki panjang sebatas pinggul atau sama[i lutut. Tak sedikit orang Indonesia yang menyebut baju tunik ini dengan istilah baju kurung ataupun baju Padang. Dalam perkembangan fashion mode, tunik juga mengalami beragam perubahan dan perkembangan. Sehingga tunik juga disajikan dengan model, warna, serta motif yang beragam.
  3. Koko
    Fashion busana muslim tak hanya hadir bagi para kaum hawa saja, kaum adam juga tak kalah menarik serta unik. Ciri baju koko yang paling menonjol di Indonesia ialah pakaian berekerah yang memiliki kancing di bagian depannya. Pakaian koko dipercaya merupakan adaptasi dari pakaian tradisional orang-orang Tiongkok. Sehingga tak heran jika istilah baju koko merupakan gejala bahasa yang diplesetkan oleh oran-orang Betawi jaman dulu. Koko berasal dari kata kokoh, baju yang dikenakan oleh kokoh (kakak dalam Bahasa Mandarin) menjadi engkoh-engkoh lalu kemudian berubah menjadi ko-ko.

Berbeda dengan istilah pada literasi Jawa, baju koko juga tak jarang disebut dengan istilah Baju Taqwa. Baju ini diadaptasi dari pakaian tradisional Jawa khususnya di wilayah keraton, yakni baju sujan dimana Wali Sunan Kalijaga mengenakan pakaian tersebut sebagai pakaian resmi untuk menyebarkan dakwah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *